Pengelolaan Arsip SPJ Belanja Langsung BPPKAD Tahun 2020

Purworejo – Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan pengelolaan arsip keuangan disetiap awal tahun, hal ini dilaksanakan guna tertib arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja BPPKAD. Dalam kegiatan kali ini yang ditata adalah arsip SPJ Belanja Langsung BPPKAD.

Arsip Surat Pertanggung Jawaban Belanja Langsung merupakan belanja yang dianggarkan terkait secara langsung dengan pelaksanaan program dan kegiatan BPPKAD. Belanja tersebut dilaksanakan untuk menjalankan program dan kegiatan  BPPKAD yang telah dianggarkan . Yang termasuk dalam belanja langsung diantaranya adalah : belanja pegawai (upah dan honorarium), belanja barang dan jasa dan belanja modal.

Arsiparis BPPKAD bersama tim arsip mempunyai tugas mengelola arsip SPJ Belanja Langsung BPPKAD yg telah diserahkan ke sekretariat oleh masing – masing bidang, untuk daftar arsip yang telah dibuat total ada 2212 berkas SPJ Belanja langsung yang harus dikelola. Semua arsip keuangan awal tahun harus segera ditata dan dibuat daftar arsip keseluruhan untuk penataan sekaligus sebagai ceklist kalau ada SPJ dari bidang yg belum dikirim ke sekretariat. SPJ tersebut nantinya akan diperika oleh Inspektorat ataupan BPK RI, jadi sebelum pemeriksaan pertanggungjawaban fisik arsip harus sudah tertata rapai agar dalam mencari cepat ditemukan.