Mewujudkan Peningkatan Potensi PAD melalui Pemberdayaan Aparatur Desa

Proyek perubahan “Mewujudkan Peningkatan Potensi PAD melalui Pemberdayaan Aparatur Desa dalam Pemutakhiran Basis Data PBB P2 di Kabupaten Purworejo” telah dilakanakan di 6 desa/kelurahan pada bulan Agustus s/d September 2019. Desa/Kelurahan yang dimaksud yaitu Kelurahan Mranti Kecamatan Purworejo, Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo, Desa Candisari Kecamatan Banyuurip, Desa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip, Desa Tersidi Lor Kecamatan Pituruh, dan Desa Tuntungpait Kecamatan Kutoarjo.

Pemutakhiran dilaksanakan dengan memberdayakan aparatur desa/kelurahan setempat dengan menggunakan daftar himpunan objek pajak (DHOP) dan peta lama yang kemudian diperbaharui sesuai dengan kondisi di lapangan. Hasil dari pemutakhiran kemudian dituangkan ke dalam DHOP yang baru yang sudah dimutakhirkan juga ZNT nya. Dari DHOP akan dientry ke dalam aplikasi SISMIOP PBB BPHTB dan juga peta di aplikasi diperbaharui. Dengan melihat hasil entry dan analisis Nilai Indikasi Rata-rata (NIR), akan memunculkan besaran potensi pajak bumi dan bangunan yang akan dicapai.

Dalam jangka panjang, di tahun 2020 akan direncanakan pemutakhiran melalui pemberdayaan masyarakat di 51 desa di kabupaten Purworejo. Dengan adanya perjanjian kerjasama antara BPPKAD dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo, melalui penggunaan satu peta, diharapkan dapat mempercepat proses pemutakhiran dan juga data yang akan diperoleh lebih akurat dengan kondisi lapangan. Selain itu, untuk menunjang kegiatan pemutakhiran tersebut, peran Dinpermades juga diharapkan bisa membantu desa untuk bisa menganggarkan pemutakhiran basis data PBB P2 di masing-masing desa yang akan dimutakhirkan.

Leave a Reply