Sekretaris BPPKAD Mengikuti Program Internship

Program Internship bertujuan untuk membantu perbaikan kualitas pengelolaan keuangan, pelayanan dasar publik, dan perekonomian daerah melalui peningkatan kemampuan SDM Pemda. Peserta program adalah pejabat Pemda (diutamakan Pejabat Eselon III) yang melaksanakan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan keuangan daerah dan perekonomian daerah. 

Program Internship yang dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia di tahun 2019 ini dilaksanakan dalam 5 batch mulai bulan Juni hingga Oktober 2019. Salah satu yang melatarbelakangi diadakannya Progran internship tersebut karena adanya alokasi anggaran sebesar sepertiga APBN yang ditranfer ke Daerah, sehingga diperlukan pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien dengan meningkatkan kapasitas SDM aparatur Daerah.

Sekretaris Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo mengikuti Program Internship Batch II yang dilaksanakan selama tiga minggu di Jakarta. Internship dilaksanakan dalam hari kerja Kamis – Jum’at pada tanggal 24 Juni 2019 s.d 12 Juli 2019 bertempat di  Aula Bhinneka Tunggal Ika, Gdg. Radius Prawiro Lt. 9, DJPK, Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat.

Internship pada minggu pertama adalah pembekalan materi kepada peserta, pada minggu kedua diadakan studi banding dan minggu ketiga diskusi Action Plan masing – masing Pemerintah Daerah.

Dampak diadakannya program tersebut adalah :

  1. Percepatan Penyusunan Regulasi yang mendukung tata kelola keuangan daerah.
  2. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan stakeholder untuk menunjang peningkatan kinerja pengelolaan keuangan daerah.
  3. Pencapaian target penerimaan PAD
  4. Efisiensi belanja daerah

Leave a Reply