Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo TA 2018

Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018 dilaksanakan di Sekretariat DPRD Kabupaten Purworejo pada Hari Rabu, 29 Mei 2019. Raperda diterima oleh Sekretaris DPRD Bp. Drs. Bambang Aryawan, M.M.

Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tetang Pemerintahan Daerah.

Raperda yang disampaikan dilampiri dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo yang telah diaudit oleh BPK, yang terdiri dari:

  1. Laporan Realisasi Anggaran,
  2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih,
  3. Laporan Operasional,
  4. Neraca,
  5. Laporan Perubahan Ekuitas,
  6. Laporan Arus Kas, dan
  7. Catatan atas Laporan Keuangan.

Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo telah diterima pada tanggal 28 Mei 2019 dengan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Raperda tersebut selanjutnya akan disampaikan dalam Sidang Paripurna DPRD dan kemudian dibahas dalam Rapat-rapat di Badan Anggaran dan Komisi DPRD. Selanjutnya setelah disetujui bersama antara Bupati dengan Pimpinan DPRD, Raperda akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk dilakukan Evaluasi. Setelah dilakukan Evaluasi, akan disusun tindak lanjut dan perbaikan atas hasil evaluasi tersebut dan selanjutnya akan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah.

Leave a Reply