Penilaian Kabupaten Peduli HAM

Purworejo, 23 Mei 2019 – Badan Pendapatan  Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Purworejo mengikuti rapat koordinasi Tim Penyaji Data Penilaiann Kabupaten Peduli HAM . Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang Asisten Pemerintahan Sekda Purworejo Asisten Pemerintahan Sekda Purworejo dan dipimpin oleh Kepala Bagian Hukum Sekda Purworejo. Hadir dalam rapat tersebut tim penyaji data perwakilan dari beberapa OPD terkait.

Rapat koordinasi tersebut membahas tentang penyajian data untuk penilaian Kabupaten peduli HAM yang meliputi 7 Kriteria HAK yaitu Hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, lingkungan yang berkelanjutan.

Selama empat tahun terakhir Kabupaten Purworejo telah mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Ham dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia Republik Indonesia.Ditahun 2015 mendapatkan skor 83.53, tahun 2016 skor 93,95, tahun 2017 skor 91,11 dan di tahun 2018 mendapatkan skor 88, 59.

Dengan adanya penilaian tersebut diharapkan  dapat memotivasi pemerintah daerah untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia. Mengembangkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia, serta memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia.

Leave a Reply