STAR BPKP Melakukan Assessment Sistem Keuangan Daerah di Kabupaten Purworejo

BPPKAD Kabupaten Purworejo menerima kehadiran State Accountability Revitalization Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (STAR BPKP) dalam rangka assessment sistem keuangan di Kabupaten Purworejo (Rabu, 13 Maret 2019). Ada 2 anggota Tim yang hadir yaitu Gempur Safar dan Defriady Pratama. Fokus penilaian untuk mendalami sejauh mana Pemerintah Kabupaten Purworejo mengembangkan dan memanfaatkan aplikasi untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan berbasis elektronik. Salah satu alasan diplih Purworejo sebagai salah satu sasaran penilaian karena Pemerintah Kabupaten Purworejo tercatat banyak memanfaatkan aplikasi SIMDA yang dibangun oleh BPKP.

Kehadiran Tim itu diterima oleh Sekretaris BPPKAD (Agus Amin Fadillah, SE, MM), didampingi Kasubid Pembukuan dan Pelaporan sekaligus sebagai Admin SIMDA KEUANGAN (Triatmaji Wignyalukita, SE), Kasubid Pelayanan dan Penetapan (Iswahyudi Panji Utomo ST) dan Kasubid Pendataan dan Penilaian (Sugeng Tri Mulyono, SE)

Di akhir pertemuan tersebut, Tim mengatakan bahwa informasi yang diperoleh dari Kabupaten Purworejo dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Keputusan yang tidak mudah adalah memilih satu sistem pemerintahan berbasis elektronik yang tepat untuk Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply