Penyerapan Kegiatan Dak Fisik Tahun 2018 Dan Persiapan Pelaksanaan Tahun Anggaran 2019

Pada hari Senin, 14 Januari 2019 BPPKAD mengadakan Rapat Koordinasi Penyerapan Kegiatan DAK Fisik Tahun 2018 dan Persiapan Pelaksanaan tahun anggaran 2019 di Ruang Otonom Setda Kabupaten Purworejo yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah. Peserta rapat terdiri dari BPPKAD, Assisten II, Inspektorat, Bagian Pembangunan, Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan OPD Penerima DAK Fisik Tahun 2018 dan 2019.

Sekretaris Daerah menekankan kepada OPD Penerima DAK Fisik, bahwasanya terdapat ketentuan baru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 121/PMK07/2018 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 50/PMK07/2017 tentang Pengelolaan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa Pasal 81, yaitu :

“ Laporan realisasi penyerapan dana dan capaian output kegiatan DAK Fisik per jenis dan/atau per bidang tahun sebelumnya yang telah direviu oleh Inspektorat Daerah atau lembaga pemerintah yang berwenang melaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan”.

Oleh sebab itu kepada OPD Penerima DAK Fisik diperintahkan agar segera mematuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana diamanatkan dalam PMK tersebut, segera input SP2D penyerapan kegiatan DAK pada aplikasi OMSPAN, mempersiapkan data dukung untuk keperluan reviu, segera melaksanakan kegiatan DAK Fisik TA 2019, terutama yang melalui pengadaan bekerjasama dengan ULP.

Laporan OPD pada aplikasi OMSPAN TA 2018 akan direviu Inspektorat sebagai syarat pencairan DAK Tahap I 2019. Pelaksanaan reviu dijadwalkan mulai tanggal 14 Februari 2019.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur Kabupaten Purworejo juga memberikan gambaran pelaksanaan reviu laporan DAK dan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan oleh OPD.

Pencairan DAK Fisik ke KPPN dilaksanakan melalui 3 tahap, kecuali untuk pagu dibawah 1 Milyar dapat dilaksanakan sekaligus. Untuk Kabupaten Purworejo DAK Fisik yang penyalurannya dapat dilaksanakan sekaligus yaitu DAK Fisik Reguler Bidang Kelautan Perikanan, DAK Fisik Penugasan Bidang Lingkungan Hidup dan DAK Fisik Penugasan Bidang Kesehatan & KB (Pengendalian Penyakit).

Leave a Reply